Rumah modern klasik kolonial dan Kos-kosan

Memadukan rumah tinggal modern klasik dan rumah kos-kosan

wp siberut

Merencanakan rumah tinggal bertema modern klasik kolonial sekaligus berfungsi ruang usaha kos-kosan dalam hal ini rumah kost memerlukan perhatian terutama mengenai privasi. Maka prinsip zoning antara area publik – semi publik, privat-semi privat, dan sirkulasi menjadi lebih penting dengan tidak mengesampingkan faktor kenyamanan serta keamanan.

Berdasar ini pengelompokan site zoning di bagi 3 domain yaitu ; rumah tinggal (privat), area parkir (semi publik), dan rumah kost (semi privat). Area parkir ini yang akan paling banyak aktifitas keluar masuk/sirkulasi kendaraan dari penghuni, berakibat polusi udara dan kebisingan. Hal ini yang harus di pecahkan untuk menjaga privasi, kenyaman, dan keamanan penghuni rumah modern klasik kolonial dan kos-kosan ini.

Rumah modern klasik kolonial dan kos-kosan tema dari fasad bangunan yang diinginkan oleh klien adalah “Classic Colonial”, sebagi bangunan acuan kami adalah bangunan peninggalan Belanda diantaranya gedung Bank Indonesia. Sebenarnya yang menarik dari bangunan Klasik kolonial ( indishce architectuur )adalah merupakan adaptasi bangunan neo-klasik eropa yang sudah disesuaikan dengan iklim di indonesia.

Rumah tinggal ini terbagi dalam 3 lantai, lantai 1 (semi basement) difungsikan sebagai garasi/ parkir dan 4 kamar kos, carport, taman depan dan terdapat taman inner court di belakang. Denah lantai 2 terdapat area foyer, disebelah kanan tangga melingkar,dan ruang tamu di sebelah kiri. Pada area ruang keluarga terdapat ruang makan, pantry dan ruang tidur utama. Area belakang terdapat 4 kamar kost. Denah lantai 3 terdapat  2 buah void diantara area ruang duduk, disebelah kanan tangga melingkar, dan 3 ruang tidur.

Demikianlah rumah moden klasik kolonial dan kos-kosan ini di desain dengan mempertimbangkan kenyamanan, privasi, dan keamanan. Pembangian zonasi baik privat dan semi privat, publik dan semi publik serta sirkulasi antara pemilik rumah dan penyewa perlu diatur sedemikian rupa.

Nama Proyek                        : TB House

Lokasi                                     : Sleman, Yogyakarta

Luas Tanah/Bangunan      : 250 / 470 m2

Tahun                                     : 2015

 

wp siberut1

DENAH LT.1

wp siberut2

DENAH LT.2

wp siberut3

DENAH LT.3

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s